Tips dan Trik Menghadapi Penyusunan dan Sidang Skripsi atau Tugas Akhir


Mendengar kata Sidang Skripsi tentu kita sebagai kebanyakan mahasiswa merasa gentar dan takut. Apalagi dengan Sidang Skripsi / Tugas Akhir Jurusan Komputer, dimana selain kita mesti mempresentasikan karya tulis, kita juga harus mendemokan program aplikasi yang telah kita buat.

Banyak sekali kejadian dari teman-teman mahasiswa yang mengeluh setelah sidang, mereka kecewa, sedih dengan hasil yang mereka dapat. Beberapa keluhan yang sering terdengar dari mahasiswa antara lain:
  1. Tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan penguji.
  2. Program / aplikasi ketika dijalankan mendadak error.
  3. Penguji menanyakan hal-hal diluar pembahasan (seputar pengetahuan umum), sehingga tidak bisa menjawab.
  4. Kurangnya persiapan, misalnya laptop mendadak mati (habis baterai, hung, dll).
  5. Sering menjawab pertanyaan penguji dengan berputar-putar, padahal sebelumnya telah benar-benar mengetahui apa yang mesti dijawab.
Semua kondisi demikian bisa saja terjadi kepada anda, apalagi bagi anda yang kurang mempersiapkannya sejak awal. Mahasiswa dengan persiapan matang pun, kadang hasilnya tidak semulus yang dibayangkan.

Sebenarnya Sidang Skripsi itu tak mesti ditakuti jika kita telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Berikut adalah persiapan-persiapan yang wajib anda lakukan agar sidang skripsi nanti berjalan sesuai dengan yang diharapkan:
  1. Persiapkan tenaga, pikiran dan konsentrasikan diri anda, katakan: “Saya akan berhasil dan sukses dalam sidang skripsi”. Jangan lupa juga selalu berdoa kepada Tuhan supaya dimudahkan dalam menghadapi berbagai kesulitan.
  2. Persiapkan konsep skripsi sejak awal, di dalamnya meliputi: tema skripsi yang akan diambil, bahasa pemrograman yang akan dipakai dan sistem yang akan dibuat.
  3. Jika konsep skripsi telah ada, pengembangan dapat dilakukan secara terarah. Misalnya tema yang akan anda ambil adalah tentang website/berbasis web, maka sejak awal anda harus mempersiapkan segala hal tentang itu, misalnya dimulai dengan hal-hal kecil dengan mencari referensi di perpustakaan, internet, dll menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan tema. Untuk melihat contoh-contoh judul skripsi, silahkan KLIK DISINI.
  4. Setelah tema dan referensi didapat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan untuk membuat Proposal Pengajuan Skripsi, untuk contohnya silahkan DOWNLOAD DISINI.
  5. Buatlah proposal lebih dari satu, untuk menanggulangi jika proposal yang anda ajukan ditolak. Jika anda hanya ingin skripsi anda dengan satu tema, sementara proposal yang anda ajukan harus lebih dari satu, maka ubahlah judul dan isi dari tiap proposal yang diajukan sedikit demi sedikit, tanpa keluar dari tema.
  6. Hal-hal di atas semestinya anda persiapkan sejak awal, misalnya jika semester 8 anda harus menyusun skripsi, maka sebaiknya hal tersebut sudah anda persiapkan sejak masuk semester 5 atau 6, maksimal semester 7 [lebih cepat lebih baik]. Percayalah, anda tidak akan mungkin berhasil dengan memuaskan jika terburu-buru oleh waktu, apabila jika anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, keluarga, dll.
  7. Setelah proposal pengajuan judul skripsi diajukan, banyak-banyaklah berdoa supaya proposal anda diterima. Selain itu, persiapkan 2 atau 3 judul yang lainnya sebagai pengganti jika proposal skripsi yang anda ajukan ditolak.
  8. Jika anda beruntung dan proposal anda disetujui, jangan diam saja, tetapi segera ambil langkah cepat untuk melanjutkan penyusunan skripsi anda. Jika anda telah mempersiapkan skripsi sejak awal seperti yang telah dikemukakan tadi, maka minimal BAB 1, BAB 2 dan DAFTAR PUSTAKA mungkin telah selesai, anda tinggal melanjutkan menyusun bab selanjutnya.
  9. Jangan pernah bolos jika ada bimbingan dari dosen pembimbing. Di sebagian perguruan tinggi, dosen pembimbing merangkap juga sebagai dosen penguji ketika sidang skripsi. Apa jadinya jika anda kebetulan diuji oleh dosen yang sebelumnya merupakan dosen pembimbing anda, sementara anda tidak pernah atau jarang mengikuti bimbingan?
  10. Setelah skripsi atau Tugas Akhir anda dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat program/aplikasi. Dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya, dengan mengacu kepada sistem dan rancangan program yang telah dibuat, maka mulailah membuat proyek program dari awal sedikit demi sedikit. Sebenarnya membuat program itu tidaklah terlalu sulit, anda hanya harus mengetahui 4 hal sebagai dasar, orang IT / programmer biasa menyebutnya dengan singkatan C.R.U.D, yaitu:
    • C = CREATE. Bagaimana cara membuat database, tabel, field dan record?
    • R = READ. Bagaimana cara membaca data / record dari tabel atau database?
    • U = UPDATE. Bagaimana cara memperbaharui / mengupdate record atau data pada tabel atau database?
    • D = DELETE. Bagaimana cara menghapus record atau data pada tabel atau database?
  11. Jika ke empat konsep itu dapat anda pahami, apalagi sampai dapat dimengerti di luar kepala, maka dalam pembuatan program aplikasi semestinya tidaklah terlalu sulit. Persiapkan sejak awal!
  12. Setelah program selesai, mulailah melakukan Try & Error. Mencoba dan menguji program yang telah dibuat beberapa kali, jangan sampai terjadi error atau kesalahan coding.Selain itu, periksa juga skripsi yang telah dibuat untuk menghindari kesalahan penulisan dan lain-lain.
  13. Jika skripsi dan program yang telah dibuat sudah benar-benar fixed, buatlah backup di flashdisk, CD, dll untuk menanggulangi segala hal yang tidak diinginkan.Apa jadinya jika PC/leptop anda tiba-tiba error/kena virus, sehingga anda harus install ulang atau tiba-tiba rusak sehingga mesti diservis, sementara anda hanya memiliki 1 copy skripsi anda?
  14. Bacalah skripsi anda dari awal. Dengan lebih banyak membaca skripsi anda, tentunya akan lebih memahami isinya. Penguji kadang menanyakan hal-hal sepele, yang sebenarnya anda tidak menyangka akan ditanyakannya ketika sidang.
  15. Dua sampai tigahari sebelum sidang skripsi, persipakan semua peralatan tempur anda, meliputi:
    • Pakaian yang harus dipakai, sepatu, dasi, jas, dll
    • Leptop, charger, mouse, dll
    • Skripsi dan program aplikasi yang telah dibuat
    • Backup data dalam flashdisk / CD
    • Persiapkan penampilan, untuk pria misalnya bercukur agar telihat makin rapi.
  16. Berdoalah kepada Tuhan dan mintalah doa restu restu dari orang tua dan orang-orang terdekat agar dimudahkan. Itu akan menumbuhkan energi positif dalam diri anda, sehingga anda akan semakin percaya diri.
  17. Istirahatlah dan tidurlah yang cukup, jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang bergizi agar badan dan stamina tetap fit.
  18. Tibalah waktunya sidang skripsi. Datanglah lebih awal, maksimal 1 jam sebelum sidang, jangan kesiangan. Periksalah ruangan yang akan dipakai untuk sidang, lihatlah nomor urut sidang.
  19. Bukalah kembali laptop anda, periksalah program yang telah dibuat, siapa tahu mendadak error.
  20. Ketika tiba waktu anda dipanggil untuk memasuki ruangan sidang, pasanglah wajah tenang dan tersenyum, bersalamanlah dan ucapkan salam kepada penguji. Jangan tegang, PENGUJI juga MANUSIA, bukan MALAIKAT lho :)
  21. Biasanya sebelum sidang digelar, anda diberi waktu untuk mempersiapkan leptop dan peralatan lainnya, maka persiapkanlah dengan baik, jangan terburu-buru. Jangan lupa pasang charger ke leptop anda. Apa jadinya jika leptop anda tiba-tiba low-batt atau mati karena habis baterai?
  22. Setelah itu anda akan dipersilahkan untuk melakukan presentasi skripsi. Yaitu mengulas tentang isi atau garis besar mengenai skripsi yang anda buat. Untuk contoh file presentasi skripsi silahkan DOWNLOAD DISINI.
  23. Lakukan presentasi dengan singkat, padat dan dapat dimengerti. Usahakan jangan kebanyakan mengucapkan kata “EUUU”, “MAKSUD SAYA”, “OH”, “EMMM” dll.
  24. Setelah melakukan presentasi, biasanya penguji mulai menyerang anda dengan sekumpulan pertanyaan dan meminta anda menjalankan program yang telah dibuat. Jangan gugup, tetap tenang dan percaya diri, karena anda telah mempersiapkannya sejak awal, maka anda akan memahami dengan apa yang anda tulis di skripsi.
  25. Dalam menjawab pertanyaan penguji, sebaiknya anda berpikir sejenak sebelum menjawab, untuk lebih mencerna apa yang telah ditanyakan. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta penguji mengulang pertanyaannya kembali jika dirasakan kurang jelas atau kurang dimengerti.
  26. Jawablah pertanyaan penguji dengan benar, bila anda tidak tahu jawabannya, jangan sok tahu, lebih baik anda bilang apa adanya saja.
  27. Terima dengan baik tentang kritik dan saran penguji, katakan “Terima kasih atas sarannya, saya akan memperbaikinya”. Jangan ngotot sementara anda memang melakukan kesalahan.
  28. Setelah sidang selesai dan ditutup, ucapkan terima kasih dan salam kepada penguji. Etika dan estetika dalam sidang skripsi juga memiliki nilai tersendiri.
  29. Keluarlah dari ruangan sidang, tutup kembali pintu ruangan, awas jangan sampai leptop anda ketinggalan di dalam.
  30. Jika ada bagian dari skripsi atau program yang harus direvisi, lakukan revisi sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda agar anda tidak lupa.
Demikian beberapa tips dan trik dalam menyusun dan menghadapi skripsi atau tugas akhir jurusan komputer. Pepatah mengatakan “Apa yang anda tuai itulah yang anda tanam”. Tanamkan disiplin dan giatlah belajar dan berusaha sejak awal. Semoga anda dimudahkan dan sukses dalam menghadapi ujian akhir dalam meraih gelar kesarjanaan anda. Amin.

Setelah anda memperoleh gelar kesarjanaan anda, perjuangan belum selesai sampai disana, kini tibalah waktunya untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya, apalagi kalau bukan nyari kerja dan nyari duit. Bagi anda yang membutuhkan contoh surat lamaran kerja da CV, silahkan Download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Curriculum Vitae [CV] atau Daftar Riwayat Hidup disini.

3 komentar:

Novika Putri mengatakan...

Subhanallaaahh... Terimakasih banyak ka atas semua tips dan triknya. Sungguh bermanfaat bangeetttt ka. Terimakasih banyak kaa.... :)

Novika Putri mengatakan...

Subhanallaaahh... Terimakasih banyak ka atas semua tips dan triknya. Sungguh bermanfaat bangeetttt ka. Terimakasih banyak kaa.... :)

ardy widiyanto mengatakan...

nice tips gan ... (y)

Posting Komentar